Mau minta naik gaji ? Ini cara yang susah ditolak atasan

0
734

Yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan diri (luar dan dalam 360 derajat), sehingga saat menghadap atasan untuk melakukan negosiasi, Anda bisa menyampaikannya dengan rileks dan professional.

Lihat kembali apa prestasi Anda dalam 1 atau 2 tahun terakhir ini, fokus pada apa saja kontribusi (sumbangan) yang telah Anda berikan untuk mendukung keuntungan perusahaan, jadi bukan berapa lama Anda telah bekerja atau mengabdi di perusahaan itu. Perhatikan juga situasi keuangan perusahaan saat ini, apakah sedang mengalami penurunan bisnis, kondisi kas perusahaan yang sedang terganggu dimana terlihat dengan jelas perusahaan sedang dalam kebijakan uang ketat dan mengurangi pengeluaran di banyak bagian. Karena jika Anda tetap memaksakan untuk maju meminta kenaikan gaji, maka meski didukung alasan yang tepat, tindakan ini cenderung kurang menguntungkan Anda, karena berpotensi terlihat egois karena hanya mementingkan diri sendiri tanpa mau peduli dengan masalah yang sedang perusahaan hadapi saat ini.

“Berikan sedikitnya 3 hal yang telah Anda lakukan dan menguntungkan perusahaan, sehingga gaji Anda memang harus naik”

Jika pada akhirnya Anda tetap memutuskan untuk maju, maka pastikan sudah melakukan survei baik di internal maupun eksternal perusahaan, tentang rentang gaji wajar yang seharusnya diterima untuk posisi jabatan, dan pekerjaan sejenis. Atur jadwal dengan atasan Anda, tanyakan waktu yang paling tepat untuk bertemu dan tidak mengganggu kesibukan utama mereka. Susun point penting apa yang akan Anda sampaikan secara teratur, singkat, jelas, dan review sekali lagi.

Saat bertemu atasan, fokus pembahasan berpusat pada sedikitnya 3 prestasi terbaik yang telah Anda berikan dan sangat jelas telah secara konsisten menyumbangkan keuntungan buat perusahaan sehingga gaji Anda memang harus naik. Buat catatan atas setiap komentar dan masukan dari atasan Anda.

Jika semua persiapan dan hal di atas telah Anda lakukan, keputusan akhir sepenuhnya ada di tangan atasan atau perusahaan. Jika ternyata belum berhasil, tanya apakah memungkinkan untuk mengajukan kembali dalam enam bulan ke depan. Pastikan, Anda mendapatkan informasi tentang hal-hal yang perlu Anda lakukan dan tingkatkan. Apapun hasil dari pertemuan itu, selalu tutup dengan ucapan terima kasih telah diberikan kesempatan menyampaikan harapan Anda, dan atas masukan yang diberikan agar dapat menjadi lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here