Hemat Kebutuhan Makan & Minum

0
1222
Hemat Makan dan Minum

“RUMUS cerdas CARA memakai UANG : #1 SIMPAN 20% #2 KEBUTUHAN 50% #3 KEINGINAN 30%”

Makan dan minum adalah KEBUTUHAN HIDUP. Jika ingin memiliki uang yang cukup agar dapat hidup nyaman, baik di saat ini maupun di waktu mendatang, maka alokasikan 50% dari penghasilan Anda untuk pengeluaran yang bersifat KEBUTUHAN (yaitu sesuatu yang harus dipenuhi saat ini juga dan tidak bisa ditunda dalam waktu yang terlalu lama).

Berikut ini adalah beberapa ide cerdas agar dapat menghemat kebutuhan makan dan minum sehari-hari :

Hemat #1 : Makan masakan di rumah. Selain pasti lebih murah dibandingkan dengan makan di restoran, Anda bisa memilih menyiapkan makanan dengan menggunakan bahan-bahan yang memenuhi syarat kesehatan, sehingga dengan demikian lebih menjauhkan Anda dari resiko gangguan kesehatan dan menghemat biaya berobat. Dengan makan di rumah, maka pada saat yang sama Anda juga telah menghemat membeli minuman.
Hemat #2 : Sedang ada di kantor ? Bawa saja makanan dari rumah ke kantor, selain mendapatkan keuntungan pada point sebelumnya, Anda juga menghemat waktu dan biaya transport pergi ke tempat makan. Jika sedang sibuk dengan pekerjaan, Anda juga tidak perlu menunda makan pada waktunya karena bisa bekerja sambil makan bekal yang dibawa dari rumah, dengan demikian terhindar dari akibat buruk bagi kesehatan lambung.
Hemat #3 : Hindari kebiasaan mengemil yang berlebihan. Kalau memang sudah waktunya makan, sebaiknya langsung makan makanan utama saja.
Hemat #4 : Punya hobi bercocok tanam ? Pekarangan rumah bisa digunakan untuk menanam cabe, pohon mangga, pandan, atau jenis tanaman kebun lainnya sehingga menghemat uang belanja.
Hemat #5 : Manfaatkan program promosi dan kupon/voucher diskon. Mau makan, minum di restoran atau ngobrol di cafe ? Boleh-boleh saja, yang penting harus pintar2 pilih waktu yang tepat, yaitu dengan manfaatkan promosi yang sedang ditawarkan, seperti “buy one get two”, potongan 25% untuk makanan, dll.

Penghematan yang dilakukan mungkin tidak terasa secara harian, tapi cobalah hitung berapa yang dapat Anda hemat dalam seminggu, sebulan, dan setahun jika kebiasaan belanja makanan dan minuman secara cerdas sebagaimana contoh di atas Anda lakukan setiap hari. Lalu… sudahkah Anda berhemat hari ini ?

Aturan sederhana : “Jika kerja PASTI punya uang, jika tidak punya uang PASTI ada yang salah dengan cara menggunakan uang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here