Hemat Biaya Transportasi

0
1180

“RUMUS cerdas CARA memakai UANG : #1 SIMPAN 20% #2 KEBUTUHAN 50% #3 KEINGINAN 30%”

Transportasi adalah KEBUTUHAN HIDUP. Jika ingin memiliki uang yang cukup agar dapat hidup nyaman, baik di saat ini maupun di waktu mendatang, maka alokasikan 50% dari penghasilan Anda untuk pengeluaran yang bersifat KEBUTUHAN (yaitu sesuatu yang harus dipenuhi saat ini juga dan tidak bisa ditunda dalam waktu yang terlalu lama).

Berikut ini adalah beberapa ide cerdas agar dapat menghemat pengeluaran atas biaya transportasi  :

Hemat #1 : Gunakan kendaraan umum, ini yang sudah sangat pasti dan bisa menghemat tenaga daripada harus menyetir sendiri. Bepergian bersama-sama sudah pasti lebih murah daripada sendiri-sendiri. Biaya menggunakan kendaraan umum juga masih bisa dihemat, misalnya dengan membeli tiket bulanan atau ketika ada promo-promo khusus.
Hemat #2 : Sewa kendaraan bersama-sama komunitas di lingkungan (kerja, tempat tinggal, kenalan) Anda, yang memiliki jalur perjalanan ke tempat kerja yang sama. Hal ini selain lebih murah, juga akan lebih nyaman karena mayoritas penumpang sudah lebih saling mengenal.
Hemat #3 : Tidak perlu buru-buru beli mobil, jika masih bisa menggunakan motor. Ada banyak keuntungan, diantaranya : perjalanan ke tujuan bisa lebih cepat sampai (terlebih jalur perjalanan sering terjadi kemacetan), biaya perawatan kendaraan pasti jauh lebih murah, dan biaya bahan bakar sudah pasti lebih hemat.
Hemat #4 : Jika membeli mobil tidak perlu yang mewah, karena fungsi dasar dan utama yang kita inginkan dari sebuah mobil adalah sebagai alat transportasi. Salah satu kriteria yang saya secara pribadi pakai saat membeli mobil adalah mencari jenis mobil yang perusahaan taxi gunakan. Logika berpikir saya adalah, kalau jenis mobil itu dipilih oleh perusahaan taxi untuk menghasilkan uang, tentunya sudah dengan perbandingan dan pertimbangan yang matang, diantaranya mobil itu pasti hemat dalam penggunaan bahan bakar, mudah dan murah dalam perawatan.
Hemat #5 : Hemat biaya bahan bakar dengan memperhatikan cara mengendarainya, misalnya jangan menginjak pedal gas secara mendadak dan berlebihan untuk mempercepat gerak kendaraan, perhatikan tekanan angin ban untuk memperlancar gerak kendaraan, lakukan perawatan kendaraan secara berkala di bengkel.

Penghematan yang dilakukan mungkin tidak terasa secara harian, tapi cobalah hitung berapa yang dapat Anda hemat dalam seminggu, sebulan, dan setahun dengan menggunakan cara tersebut di atas. Lalu… sudahkah Anda menghemat biaya transportasi pada hari ini ?

Aturan sederhana : “Jika kerja PASTI punya uang, jika tidak punya uang PASTI ada yang salah dengan cara menggunakan uang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here