Hemat Biaya Kepemilikan Rumah, Listrik, Air dan Telepon

0
903
Hemat Biaya Hidup

“RUMUS cerdas CARA memakai UANG : #1 SIMPAN 20% #2 KEBUTUHAN 50% #3 KEINGINAN 30%”

Biaya kepemilikan rumah, penggunaan listrik, air dan telepon adalah KEBUTUHAN HIDUP. Jika ingin memiliki uang yang cukup agar dapat hidup nyaman, baik di saat ini maupun di waktu mendatang, maka alokasikan 50% dari penghasilan Anda untuk pengeluaran yang bersifat KEBUTUHAN (yaitu sesuatu yang harus dipenuhi saat ini juga dan tidak bisa ditunda dalam waktu yang terlalu lama).

Berikut ini adalah beberapa ide cerdas agar dapat menghemat pengeluaran atas biaya kepemilikan rumah, listrikĀ  :

#Hemat biaya kepemilikan rumah :

      1. Memilih lokasi rumah. Perhatikan lokasi atau lingkungan perumahan, pastikan area itu terus berkembang, nyaman untuk ditinggal, dan mudah mengakses semua kebutuhan hidup, dengan demikian harga rumah naik memuaskan. Lokasi yang sering banjir atau udara yang menyebabkan karat akan cepat merusak perabot yang pada akhirnya menimbulkan pengeluaran besar yang mestinya bisa dihindarkan.
      2. Pilih cara pembelian / pelunasan. Ini adalah jenis pengeluaran yang besar, oleh karena itu Anda harus memilih cara pelunasan rumah. Perhatikan berbagai biaya administrasi, asuransi, bunga cicilan, jangka waktu cicilan, denda pelunasan sebelum selesai KPR, dll. Jangan terburu-buru membuat keputusan, pilih alternatif terbaik dari berbagai program KPR yang tersedia.
      3. Desain rumah. Rumah jenis minimalis menghemat biaya kebutuhan material pembangunan rumah, dan dengan desain sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik menghemat pengeluaran Anda dalam hal kesehatan dan penghematan pemakaian listrik.

#Hemat biaya listrik :

      1. Penggunaan AC (pendingin udara). Pilih jenis AC yang menghemat konsumsi listrik, atur suhu yang ideal, lakukan perawatan berkala, dan matikan AC sekitar 15 menit sebelum meninggalkan ruangan, udara masih cukup nyaman meski AC Anda matikan.
      2. Pilih lampu jenis LED. Meski harga pembelian awal lebih mahal, tapi lampu jenis ini cukup awet untuk penggunaan jangka panjang dan sangat hemat energi sehingga total biaya pemakaian menjadi lebih murah.
      3. Matikan peralatan listrik yang tidak digunakan. Sangat sering terjadi lampu ruangan lupa dimatikan, komputer terus menyala meski tidak dipakai, TV tidak dimatikan meski sudah tidak ada yang menonton (sehingga berubah fungsi menjadi TV yang menonton penonton karena penontonnya tertidur).

#Hemat biaya air :

      1. Secara sadar dipakai. Untuk mandi, mencuci, mengepel, menyirami, dan penggunaan lainnya gunakan sehemat mungkin. Pemilihan jenis kloset yang tepat juga dapat menghemat penggunaan air.
      2. Secara tidak sadar terpakai alias terjadi kebocoran. Antisipasi dengan memperhatikan tagihan air bulanan apakah secara rata-rata wajar. Jika terjadi lonjakan, sedangkan tidak ada penambahan jumlah anggota keluarga, tidak ada kenaikan tarif dan tidak ada pemakaian untuk acara khusus, maka dipastikan terjadi kebocoran. Segera lakukan perbaikan.

#Hemat biaya telepon :

      1. Gunakan telepon rumah dengan bijak. Gunakan telepon untuk berbicara seperlunya, setelah selesai menggunakan pastikan gagang telepon diletakkan dengan tepat. Untuk komunikasi jarak jauh (internasional), alternatifnya bisa menggunakan skype atau VOIP (Voice Over Internet Protocol) lainnya.
      2. Beli dan gunakan ponsel sesuai kebutuhan. Pilih handphone atau smartphone dengan fitur yang Anda butuhkan dan sering dipakai setiap hari. Demikian juga paket pra bayar atau biaya langganan yang Anda pilih dari penyedia layanan telepon seluler, sesuaikan dengan kebutuhan. Anda juga bisa menghemat pulsa dengan menggunakan media aplikasi messanger seperti Whatsapp, Line atau yang lain. Satu hal lagi yang terpenting : BICARA SEPERLUNYA BUKAN SEMAUNYA.

Penghematan yang dilakukan mungkin tidak terasa secara harian, tapi cobalah hitung berapa yang dapat Anda hemat dalam seminggu, sebulan, dan setahun dengan menggunakan cara tersebut di atas. Lalu… sudahkah Anda menghemat pada hari ini ?

Aturan sederhana : “Jika kerja PASTI punya uang, jika tidak punya uang PASTI ada yang salah dengan cara menggunakan uang.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here