Berikan KASIH Melalui Profesi Anda

0
1629

 

“ada KASIH membuat perjalanan hidup di dunia ini menjadi lebih berarti”

Ada seorang bapak tua yang sudah bekerja lebih dari 20 tahun pada sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perawatan dan perbaikan pesawat terbang dan bapak tersebut adalah salah seorang mekanik senior. Perusahaan perawatan pesawat tersebut menerima banyak permintaan dari perusahaan penerbangan terkemuka di dunia untuk melakukan pengecekan, perawatan berkala, dan perbaikan pesawat.

Bapak tersebut dikenal oleh teman-temannya sebagai orang yang sangat rajin dan memiliki dedikasi tinggi. Meski seluruh prosedur pengecekan pesawat sudah dilakukan, Bapak itu pasti melakukan pengecekan ulang setidaknya 3 kali, atas seluruh tahapan proses pekerjaan yang telah dilakukannya, sehingga tidak heran kalau hampir setiap hari lembur dan sering menjadi mekanik yang paling terakhir pulang di banding dengan rekan kerja yang lain.

Pada suatu hari, waktu telah menunjukkan hampir jam 12 malam. Bapak tua itu, masih dengan asyik dan semangat melakukan pekerjannya. Tiba-tiba terdengar telepon kantor berdering dari kejauhan, Bapak itu lalu berjalan menghampiri telepon dan mengangkatnya. Ternyata yang menelpon adalah keponakannya, yaitu seorang pemuda yang mengharapkan agar pamannya bisa datang pada hari minggu besok di acara ulang tahunnya.
Keponakannya mengatakan, “paman pulang saja, kan sudah larut malam.” Pamannya menjelaskan bahwa masih harus melakukan beberapa kali pengecekan ulang untuk memastikan semuanya telah “sempurna” dikerjakan. Lalu keponakannya berkata,”mengapa paman harus capek-capek cek berulang kali, yang penting pekerjaannya kan sudah selesai.” Pamannya menjelaskan lagi,” Nak, pekerjaan paman bukan hanya sekedar mengecek dan memperbaiki mesin pesawat. Pekerjaan paman adalah SEDANG BERUSAHA MENYELAMATKAN NYAWA BANYAK ORANG. Kamu tahu kan, yang jadi penumpang pesawat adalah orang-orang yang memiliki keluarga. Penumpang itu bisa seorang kepala keluarga yang menjadi harapan / tulang punggung keluarganya, bisa juga seorang direktur, pengusaha, kepala pemerintahan, dll. Bayangkan, jika paman hanya asal selesai mengerjakan karena menganggap sudah lakukan sesuai prosedur, tapi bisa saja terdapat sesuatu yang terlewatkan. Bagaimana jika hal itu menyebabkan kecelakaan pada pesawat ??? Sebuah keluarga akan kehilangan kepala keluarga yang berarti anak-anaknya kehilangan masa depan; sebuah perusahaan akan kehilangan orang penting / karyawan kehilangan pimpinan penting yang bisa menyebabkan gangguan pada kelangsungan hidup perusahaan dan banyak orang bisa kehilangan pekerjaan; sebuah pemerintahan akan kehilangan orang terbaiknya sehingga mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Jadi, nak… paman SEDANG MENYELAMATKAN NYAWA ORANG.”

Apapun profesi Anda saat ini, bagaimanakah Anda melihat pekerjaan yang sedang Anda tekuni hari ini ? Apa makna pekerjaan Anda ? Apakah hanya sekedar catat mencatat ? Sekedar memberikan perintah ? Sekedar menjual sesuatu ? Sekedar mengejar gaji bulanan ? Sekedar mengejar keuntungan pribadi ? Atau ada hal yang jauh lebih penting yang Anda lihat ? Apakah sudah ada KASIH dalam pekerjaan Anda ? sehingga orang lain dapat merasakan KASIH ? Ketika memberikan KASIH melalui pekerjaan yang Anda lakukan, maka Anda akan selalu bersyukur dan sangat menikmati proses melakukan pekerjaan tersebut, tidak mengeluh, karena tahu makna/arti terpenting yang sebenarnya dari pekerjaan yang sedang dilakukan.

Jim Rohn, salah seorang inspirator terbaik pernah berkata, “Bukan apa yang Anda dapatkan yang penting, tapi Anda menjadi manusia seperti apakah demi mendapatkan sesuatu, itu jauh lebih penting !” Langkah awal memberikan kasih melalui pekerjaan adalah : CINTAI PEKERJAAN YANG SUDAH ANDA PILIH dan LAKUKAN DENGAN SEPENUH HATI, sehingga pada akhirnya memberikan hasil maksimal buat Anda dan Keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here